Fakta Menarik Seputar Jas yang Belum Anda Ketahui

10:05 PM

Jas, salah satu item pakaian yang sering kita jumpai untuk memberikan sentuhan formal dan biasanya digunakan dalam acara resmi. Sentuhan klasik memang membuat siapapun yang menggunakannya akan menambah kepercayaan diri. Namun, tahukah Anda mengenai jas yang sering Anda gunakan memiliki beberapa fakta menarik?


Berawal dari Eropa 

Source: 4muda.com

Pada tahun 1860, Henry Poole & Co, membuat setelan khusus untuk acara pesta. Jas berjenis short smoking jacket dirancang khusus untuk pangeran Inggris, Edward VII yang ditujukan untuk acara makan malam.


Tuxedo source: busana-pria.com
Selain itu, jas juga dikenal dengan sebutan tuxedo setelah salah satu warga kebangsaan Inggris menghadiri acara di sebuah klub di Amerika Serikat. Jas menjadi pakaian mendasar untuk pria di Eropa pada saat itu.

Variasi Jenis Jas       

Di era milenial, jas memiliki kancing yang lebih beragam dan bervariasi. Di jaman kerajaan Inggris, jas hanya memiliki kancing dengan jumlah baris yang berada di bagian depan yang berjumlah dua baris. 

Source: fashionpria.com
Berdasarkan potongannya, jas pria dibagi menjadi lima jenis model mulai dari single breast, double breast, single vent, double vent dan tuksedo. Dari ke lima jenis setelan jas tersebut, yang membedakan berdasarkan kancing di bagian depan dan potongan di bagian depannya yang berpengaruh kepada bentuk tubuh.

Baca juga: 5 Jenis Setelan Jas


 The Multifunctional Items

Source: JOBB collection
Di luar negeri, penggunaan jas tidak hanya berfokus untuk acara formal tapi juga untuk penunjang akademik seperti jas almamater. Namun, di Indonesia masyarakat lebih mengenal jas sebagai blazer. Jas juga seringkali menjadi pakaian suatu organisasi, akademik dan lainnya sebagai seragam yang digunakan ketika acara resmi.

Jas memang dapat digunakan untuk mendukung penampilan agar terlihat sporty, casual, formal untuk menampilkan nuansa tidak hanya formal namun juga stylish dengan perubahan mode seiring dengan perkembangan fashion.

“James Bond” Effect             

James Bond Spectre
Siapa yang tidak mengenal karakter James Bond yang diperankan oleh Daniel Craig? Yup! Daniel Craig memang kerap menggunakan setelan jas di serial film James Bond dengan jahitan yang sempurna. Dengan konsep branding yang mengutamakan kesempurnaan, standard dan gaya Eropa yang eksklusif. 

Pada film yang berjudul Spectre, Mr. Bond menggunakan balutan jas klasik single breasted, dua kancing yang menampilkan kesempurnaan untuk karakter tersebut. Namun, hal itu kembali lagi pada selera Anda, karena postur tubuh orang Asia dan Eropa berbeda, Anda harus bisa melihat cutting apa yang cocok  untuk Anda. 

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Subscribe